by google adsense


Kamis, 02 Agustus 2012

Gua Lalay, Eksotisme gua karst di Sawarna

Pagi itu saya bergegas kembali ke homestay setelah menikmati sunrise. Pagi itu ada rencana untuk menjelajah gua Lalay. Sebelum berngkat saya dan beberapa teman menyempatkan diri untuk sarapan dulu dengan menu yang sudah disiapkan ibu Widi. Pagi itu Ibu widi menyediakan menu nasi uduk, ikan goreng, kerupuk dan gorengan. Sungguh nikmatkmat sekali sarapan pagi itu. Tepat jam 08.00 sarapan selesai, saya dan rombongan memulai perjalanan ke Gua yang dari kemarin sudah kami perbincangkan. Menurut 2 tour guide lokal yang kami sewa, waktu tempuh ke Gua kira-kira 25 menit dengan berjalan kaki melewati perumahan penduduk, persawahan, jembatan gantung kayu.

Goa Lalay di Sawarna ini merupakan Gua karst. Terjadinya Gua bermula dari adanya retakan batu gamping akibat pengaruh tektonik. Bagian  dasar gua lalay merupakan sungai bawah tanah yang berlumpur dengan ketebalan kira-kira 10 sampai 15 cm. Panjang Gua lalay sendiri kira-kira diatas 500 m-1000 m. So, bakalan berbasah ria, berlumpur. Jadi lebih baik memakai celana pendek saat menelusuri goa ini, selain itu gua lalay merupakan rumah bagi ribuan kelelawar  jadi jangan kaget ya kalau mencium bau tidak sedap dari guano (kotoran kelelawar) disudut tertentu di dalam gua. Ini pintu masuk gua lalay, terlihat kecil:

Gua lalay-Sawarna
Tour guide lokal kami cukup menguasai lapangan, saat didalam gua pun mereka tahu jalan mana yang nyaman untuk dilewati pemula seperti kami. Untuk sandal, lebih baik ditinggal di mulut gua soalnya di dalam akan berlumpur dan becek. Untuk biaya masuk kalo ga salah Rp.1000-1500/orang. Ini merupakan usaha dari karang taruna setempat untuk membantu perawatan jembatan gantung yang ada di sekitar desa sawarna. Setelah menyiapkan peralatan penerangan (senter, obor dsb). Saatnya masuk gua, jadi seperti ini perjalanan kita didalem:
Telusur gua lalay
Menelusuri gua
waktunya foto-foto
Suasana saat keluar gua lalay
Narsis sedikit ya
Sedikit cerita saat menjelajah gua lalay, kawasan wisata disekitar desa sawarna yang cukup recomended. Masih berpotensi untuk dikembangkan jadi suatu Kawasan terpadu wisata alam yang menjanjikan.. semoga pemerintah cukup jeli melihat peluang ini.


Hendry HeryanaPosted By Hendry Heryana

Terimakasih banyak anda sudah mengunjungi disawarna.blogspot.com, mohon maaf jika ada salah dengan content blog kami. Jika anda butuh bantuan atau ada keluhan monggo bisa call atau sms di 085722792760. Anda juga bisa mengunjungi website resmi kami www.disawarna.com disini kami menyediakan beberapa villa murah untuk peristirahatan anda saat liburan di sawarna.

0 komentar:

Posting Komentar